Info Kelulusan
Simpan DOC

Penyuluhan HIV/AIDS di MTsN 4 Kota Banjarmasin

Penyuluhan HIV/AIDS di MTsN 4 Kota Banjarmasin

Selasa, 20 September 2022

AIDS adalah penyakit yang berbahaya dan merupakan ancaman latent bagi kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. AIDS merupakan silent killer karena tanpa ada gejala kita dapat meninggal sewaktu-waktu. Hal ini disebabkan karena masa inkubasi atau masa lantent infeksi HIV bertahun-tahun rata-rata antara 5-7 tahun. Ini berarti seorang yang menderita HIV tidak menunjukan suatu gejala klinis. Dengan kata lain orang tersebut akan tampak merasa sehat selama bertahun-tahun.

Dalam lingkungan sosial tertentu, masa remaja bagi pria merupakan saat diperolehnya kebebasan, sementara bagi remaja wanita saatnya dimulainya segala pembentukan pembatasan.Seiring dengan berbagai perubahan yang dialami remaja, remaja cenderung ingin mencari jati diri dengan mencoba segala sesuatu yang belum pernah dilakukannya atau lebih dikatakan tidak mau ketinggalan jaman.Dari pergaulan antara sesamanya, remaja kadang terjerumus pada pergaulan bebas hingga mulai mencoba-coba narkoba dan melakukan hubungan seksual diluar nikah, sehingga menjadi resiko tertular penyakit menular seksual HIV/AIDS.Selain mall dan tempat tempat umum, sekolah merupakan salah satu tempat yang tepat untuk melakukan penyuluhan bahaya dan pencegahan virus HIV/AIDS. Penyuluhan HIV/AIDS di sekolah perlu dilakukan agar para siswa dapat mengetahui bahaya dan tata cara mencegah penularan virus HIV/AIDS. 

Puskesmas Pekauman melaksanakan Penyuluhan HIV-AIDS di MTsN 4 Kota Banjarmasin pada tanggal 20 September 2022, bertempat di Perpustakaan sekolah yang dihadiri oleh perwakilan 24 orang siswa. Para siswa baik laki-laki maupun perempuan menyimak dengan baik terhadap materi yang disampaikan oleh petugas kesehatan.

Tujuan pelaksanaan penyuluhan ini yaitu untuk memberikan informasi kepada masyarakat, terutama kepada pelajar sebagai generasi muda tentang HIV-AIDS, sehingga dengan demikian kita semua berusaha untuk menghindarkan diri dari segala sesuatu yang bisa saja menyebabkan penyakit HIV-AIDS. Meskipun informasi yang kami berikan melalui penyuluhan ini hanya sebagian kecil dan mungkin masih mempunyai kekurangan, tetapi setidaknya isi dari penyuluhan ini dapat dijadikan sebagai petunjuk untuk mengetahui tentang HIV-AIDS di lingkungan remaja.

(Rf/FT : Makhin / Akhmad)

Bagikan artikel ini
[supsystic-social-sharing id="2"]

Komentar

Kalender
April 2024
S M T W T F S
« Mar    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

memuat...