Buku Tamu
Simpan DOC

Isra Mi’raj , Momentum Tingkatkan Keimanan di Tengah Pandemi kepada Peserta Didik .

Ada banyak hikmah dan pelajaran yang bisa diambil dari Isra Miraj sesuai dengan kondisi terkini, termasuk pandemi Covid-19. Seperti, berbagai cobaan yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW sebelum Isra Miraj, yang merupakan ujian untuk meningkatkan keimanan. Sama seperti wabah virus corona, sebaiknya dimaknai sebagai cobaan untuk meningkatkan kualitas keimanan kepada Allah SWT. Untuk memperingati peristiwa Isra Miraj di Masa Pandemi Covid-19 ini MTsN 4 Kota Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan di Lapangan MTsN 4 Banjarmasin, dihadiri oleh Ibu Kepala Sekolah Dra. Hj. Naini Pristiana beserta Bapak/Ibu Guru dan Staff, dengan melaksanakan protokol kesehatan acara pada pagi hari ini berjalan dengan hikmat.

 
   

 

Pada Hari Sabtu, 19 Februari 2022 MTsN 4 Banjarmasin melaksanakan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SWT. Dilapangan MTsN 4 Banjarmasin . Dalam Kesempatan kali ini Kegiatan ini dipandu oleh Ellsa Putri (IX – D) dilanjutkan pengajian diawali  dengan pembacaan syair-syair yang dipimpin oleh Bapak Arif Rahman, S.Pd dan di iringi oleh Grub Maulid Habsyi Putra dan Putri. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Kalam Illahi yang dibacakan Oleh Siti Humaira {VII-A} dan Sari Tilawah oleh Lutfi AL-Farisi {VII-c}. Selanjutnya Sambutan dari Ibu Kepala MTsN 4 Banjarmasin . 

Berikutnya dilanjutkan dengan Penceramah yang disampaikan oleh Ustadz Muhlidi Sulaiman,S.Ag. yang intinya Dengan kegiatan pengajian Isra’  Mi’raj ini dapat meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT, melaksanakan sholat 5 waktu dalam keadaan bagaimanapun, serta diharapkan tekun bekerja dan belajar. “ Marilah dengan momentum Isra’  Mi’raj ini kita tingkatkan iman dan taqwa selain imun saat pandemi, wajib kita tingkatkan dalam melaksanakan sholat 5 waktu, serta selama pandemi kita tetap tekun bekerja dan belajar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan ketat” jelas Ustadz Mulidi Sulaiman,S.Ag.  Di awal pengajian disampaikan bahwa manusia memiliki 3 dimensi kehidupan, yakni masa lalu(kenangan), masa sekarang(kenyataan), dan masa depan ( harapan,cita-cita, dan keinginan ).” Orang yang beriman  adalah orang yang bisa mengambil pelajaran dari kejadian-kejadian di masa lalu untuk memperbaiki diri di masa sekarang dan masa yang akan datang” ungkap Ustad.  Q.S Al-Isra’ ayat 1 inilah yang melatarbelakangi terjadinya Isra” Mi’raj Nabi Muhammad SAW, intinya: “memperjalankan hambanya ( Muhammad ) pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah kami berkahi sekelilingnya agar kami perlihatkan kepadanya sebagai tanda-tanda (kebesaran) kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Maha Melihat’. Disampaikan juga ada beberapa pendapat yang berhubungan dengan peristiwa Isra Mi’raj: Mukzizat Nabi Muhammad SAW, Tahun duka cita( Nabi ditinggal oleh istrinya-Siti Khotijah), Bentuk kekuasaan Allah, Nabi Muhammad SAW menerima perintah dari Allah sholat 5 waktu dan inilah yang menjadi tujuan utama dari peristiwa Isra’  Mi’raj Nabi. (Rf/Ft : Ahmad/Fatimah )

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan artikel ini
[supsystic-social-sharing id="2"]

Komentar

Kalender
November 2022
S M T W T F S
« Oct    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

memuat...